2023/09/17

Latar Belakang terjadinya Perang Sekigahara

Setelah meninggalnya Nobunaga terjadi kekosongan dalam pemerintahan di Jepang. Untuk mengisi kekosongan tersebut Hideyoshi menggantikan posisi Nobunaga. Oleh kasisar Hideyoshi diberi gelar sebagai kanpaku8 . Hal itu dilakukan setelah Hideyoshi mampu menangkap pembunuh Nobunaga, yaitu Akechi Mitsuhide. Hideyyoshi berhasil menyingkirkan lawan-lawannya untuk mendapatkan posisi tersebut. Sebelum terjadi Perang Sekigahara telah terjadi perselisihan antara Hideyoshi dan Tokugawa terjadi pada tahun 1854-1855. Dalam konflik yang terjadi singkat tersebut Hideyoshi melakukan perdamaian dengan Tokugawa dengan memberinya kekuasaan atas provinsi-provinsi di timur, dan mendamaikan para daimyo yang masih bertahan tanpa pertumpahan darah. Namun karena semakin tidak stabilnya pemerintahan Hideyoshi, serta ambisi Hideyoshi yang besar untuk menaklukkan Korea dan China timbul konflik baru dalam pemerintahan Hideyoshi. 

Keadaan politik pada masa pemerintahan Hideyoshi memang sedikit lebih baik daripada masa Nobunaga namun konflik yang terjadi dalam pemerintahan Hideyoshi juga terjadi. Konflik yang terjadi pada masa pemerintahan Hideyoshi yang terjadi antara faksi birokrat dan faksi militer semakin bertambah ketika Hideyoshi berusaha menaklukkan Korea. Ketika Hideyoshi menaklukkan Korea hal tersebut dimanfaatkan oleh Tokugawa untuk memperkuat kedudukannya di Jepang dengan menambah kekuatan militernya.

Pertempuran Sekigahara, Pertempuran Penentu Penyatuan Jepang


Konflik yang terjadi semakin tajam ketika Hideyoshi wafat ketika mencoba menaklukkan Korea. Pemerintahan sementara dipegang oleh Dewan Perwalian pemerintahan untuk menjadi wali atas Hideyori.9 Namun keberadaan dewan perwalian tersebut dimafaatkan oleh Tokugawa untuk mengontrol pemerintahan. Hal ini mengakibatkan ketidaksukaan dari para anggota dewan menteri lainnya. Dalam proses selanjutnya anggota dewan lima menteri yang tidak suka dengan tindakan Tokugawa berusaha menggulingkan posisinya.10 Konflik yang terjadi ini pada akhirnya menimbulkan peperangan diantara para daimyo.


0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Osaka 大阪市

Sebagai salah satu kota luar biasa di Jepang, Osaka adalah destinasi yang terkenal berkat energinya yang terus berdenyut, kecintaannya terha...

Followers