2023/09/15

Jepang adalah salah satu negara yang terletak di wilayah Asia Timur. Kepulauan Jepang membentang pada 20 - 45 33’ LU. Kepulauan Jepang memiliki luas wilayah sekitar 337.815 km².1 Jepang memiliki latar belakang sejarah yang cukup rumit. Sejarah Jepang mempunyai kesinambungan antara satu peristiwa dengan peristiwa yang lain. Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki sejarah peperangan yang panjang, yang kesemuanya saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain walaupun berbeda kurun waktunya. 


Negara Jepang adalah negara yang tidak begitu luas dibandingkan denganIndonesia. Namun Jepang sudah mampu mengalahkan negara-negara Asia lainnya.Luasnegara Jepang sendiri adalah + 378.000km2 (ada pula yang menyebutkan hanya 370.000km2). Jepang terdiri dari 6.852 pulau yang membuatnya merupakan suatu kepulauan.Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu (pulau terbesar),Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. 


Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung, dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. Gunung tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji yang merupakan sebuah gunung berapi. Penduduk Jepang berjumlah 128 juta orang, dan beradadi peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak di dunia. Tokyo secara de facto adalah ibu kota Jepang, dan berkedudukan sebagai sebuah prefektur. Tokyo Raya adalah sebutan untuk Tokyo dan beberapa kota yang berada di prefektur sekelilingnya. Sebagai daerah metropolitan terluas di dunia, Tokyo Raya berpenduduk lebih dari 30 juta orang. Jepang juga memiliki tokoh-tokoh pengusaha dan pelopor industri terkemuka dunia seperti AkioMorita (pendiri Sony), Toyoda (pendiri Toyota), Yataro Iwasaki (Pendiri Mitsubishi),Konuse Matsushita (Pendiri Panazonic), Torakusu Yamaha, dan Sucaido Honda.


Jepang adalah negara kepulauan terbesar ketiga di dunia (6.852 pulau) setelah Indonesia (13.466 pulau), dan Filipina (7.641 pulau). Pulau-pulau utama dari utara keselatan adalah Hokkaido, Honshu ( pulau terbesar), Shikoku,dan Kyushu.Sekitar 97%wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. Sebagian besar pulau diJepang bergunung-gunung, dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi.Gunungtertinggi di Jepang adalah Gunung Fujiyang merupakan sebuah gunung berapi.Pola iklim di negara Jepang sangat dipengaruhi oleh faktor utama yaitu angin musim,arus laut, laut yang membatasi daerah di kepulauan Jepang. Akibat yang ditimbulkan darikondisi tersebut, negara Jepang memiliki empat musim, yaitu                musim panas pada bulan Meisampai Agustus, musim dingin pada bulan November sampai Februari, musim salju, danmusim gugur pada bulan September sampai Oktober. Negara Jepang memiliki dua iklim,yaitu iklim subtropis dan iklim sedang. Iklim subtropis terdapat di wilayah bagian selatanyang terdiri dari Pulau Kyushu, Shikoku, dan Honshu yang terletak pada bagian selatan.Kemudian, iklim sedang terdapat di wilayah tengah dan utara. Wilayah tersebut terdiri dariPulau Honshu bagian utara dan Pulau Hokkaido.


0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Osaka 大阪市

Sebagai salah satu kota luar biasa di Jepang, Osaka adalah destinasi yang terkenal berkat energinya yang terus berdenyut, kecintaannya terha...

Followers